BAB I
PENDAHULUAN
Etika dalam perkembangannya sangat mempengaruhi kehidupan
manusia. Etika memberi
manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melalui rangkaian tindakan sehari-hari.
Itu berarti etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara
tepat dalam menjalani hidup ini. Etika pada akhirnya membantu kita untuk
mengambil keputusan tentang tindakan apa yang perlu kita lakukan dan yang pelru
kita pahami bersama bahwa etika ini dapat diterapkan dalam segala aspek atau
sisi kehidupan kita, dengan demikian etika ini dapatdibagi menjadi beberapa
bagian sesuai dengan aspek atau sisi kehidupan manusianya.
Pada dasarnya pengertian etika apabila diartikan intinya sama saja yaitu
hal yang berkaitan dengan perilaku baik dan benar dalam kehidupan manusia. Etika merupakan dasar yang penting
didalam pergaulan serta menjadi landasan penting bagi sebuah peradaban yang
akan menjadi kesan mendalam dan terpatri terus di benak seseorang. Etika bukan
hanya sekedar penampilan fisik, tetapi masih banyak faktor lain yang dapat
mendukung seseorang untuk menampilkan sosoknya yang memiliki etika yang tinggi.
Ada perbedaan didalam etika setiap pergaulan, seperti etika
di rumah akan pasti berbeda dengan etika dengan para pedagang kaki lima, serta
berbeda pula dengan etika di kantor. Untuk etika di kantor memiliki perbedaan
yang lebih rumit dari pada etika di tempat-tempat informal lainnya, dimana etika ini erat kaitannya
dengan hubungan antara atasan dan bawahan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Memahami
Etika dalam Kantor
Tentu saja ada pembeda antara cara bergaul ataupun beretika antara
lingkungan formal dan tidak formal. Di kantor anda senantiasa berhubungan dengan banyak orang. Sebab itu anda perlu memperhatikan etika yang berlaku di kantor
tertentu. Mungkin dalam soal pergaulan
biasa, diantara teman-teman soal-soal yang menyangkut sopan santun tidak begitu
ketat. Tetapi dalam lingkungan kantor
yang sempit soal etika
harus sungguh-sungguh diperhatikan. Dilingkungan kantor anda dituntut untuk memperhatikan hal-hal detail
yang berkaitan dengan tanggung jawab profesioalitas. Oleh karena itu anda harus
pandai-pandai dalam memilih tindakan yang dianggap pantas dalam lingkungan
kerja. Adapun hal-hal yang perlu dihindari dalam lingkungan kerja antara lain :
a.
Membentuk
klik (kumpulan per golongan)
yang secara sadar membelakangi rekan-rekan baru.
b.
Bergegas-gegas
pulang pada waktu tutup kantor, sedangkan selalu datang terlambat.
c.
Sering memakai fasilitas kantor untuk
kepentingan pribadi.
d.
Selalu
menunda-nunda pekerjaan.
e.
Melakukan
hal-hal yang tidak termasuk tugas kantor, seperti mengisi teka-teki silang, menulis
surat pribadi, bertamu ke bagian lain tanpa suatu urusan atau
kepentingan kerja.
f.
Menerima tamu terlalu lama dalam jam
kerja.
g.
Berjualan dalam jam kerja.
Akan tetapi ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menumbuhkan
etika baik anda sebagi seorang karyawan dalam suatu kantor ataupun instansi
misalnya saja :
a.
Bertutur
sapa antara atasan dengan karyawan ataupun antara karyawan dengan karyawan
lainnya. Hal ini dapat menjadi perilaku yang dapat menambah image anda sebagai karyawan yang baik
dan ramah.
b.
Profesionalitas
ketika menerima tamu, ketika anda menerima tamu ataupun menjadi seorang tamu
adapun hal-hal yang perlu anda perhatikan antara lain jangan berbicara
bertele-tele, apabila tamu tersebut adalah tamu pribadi dan hendak membahas hal
yang bersifat pribadi lebih baik anda bicarakan lain waktu atau pada jam
istirahat kantor. Jangan sampai tamu pribadi merusak agenda kerja yang telah
diagendakan perusahaan.
c.
Berbicara
meluli telepon. Hindari berbicara terlalu lama ditelepon karena hal tersebut
akan mengganggu karyawan lain.
d.
Jangan
membawa urusan pribadi anda ketempat kerja, hal tersebut dapat menunjukkan
ketidak profesionalan anda dalam bekerja.
e.
Jadilah
anggota tim yang baik dalam lingkungan kerja anda.
f.
Bersikap
loyalitas dan menjaga rahasia perusahaan.
g.
Berbicaralah
seperlunya ketika anda bekerja
h.
Hindari
bergosip
B.
Etika
Masuk Kantor
Mulailah dengan mengucapkan salam yang dilakukan
yang memang kelihatan sederhana ini akan menjadi pintu pembuka dalam mengawali
interaksi dan komunikasi dengan rekan sekantor, hal ini lebih mudah membuka
komunikasi apabila lawan bicara kita menunjukan wajah penuh ceria. Hindari mimik
wajah yang masam ketika berada dikator pada pagi hari karena hal tersebut akan
mempengaruhi mood kerja anda hingga
jam kantor usai.
Pada saat kegiatan rutin kerja dimulai, masing-masing
karyawan sudah sibuk dengan pekerjaannya sesuai bidangnya, akan tetapi dengan
keadaan situasi tersebut, berilah senyum yang tulus kepada orang yang anda jumpai, baik kepada rekan
kerja, satpam, driver dan atasan Anda. Hal ini akan menciptakan suasana yang
nyaman dan manjalin keakraban antar sesama karyawan.
C.
Memahami Dasar Etika Pergaulan dalam Kantor
Setiap hari dalam pergaulan di kantor sudah tak terelakan,
karena satu sama lain saling membutuhkan interaksi yang didalamnya mencakup
komunikasi. Interaksi
dan komunikasi akan berjalan dengan baik apabila kedua belah pihak saling menghormati
dan mengerti akan hak dan kewajibannya masing-masing, karena etika itu
menyangkut moralitas, susila, sosial, agama dan lain sebagainya. Bagaimana
memahami etika pergaulan adalah seperti berikut ini diantaranya :
- Bersikap sopan santun dan ramah
- Penuh perhatian terhadap orang lain (empaty)
- Mampu menjaga perasaan orang lain
- Berusaha untuk saling membantu bila melihat teman kerja membutuhkan bantuan.
- Mampu mengendalikan emosi
D. Etika
Berpakaian
Setiap
orang selalu menginginkan penampilan yang menarik dan ingin merasa menarik di
lihat orang lain, karena penampilan itu merupakan daya tarik setiap orang. Penampilan yang baik tercipta dari
pakaian yang dipakai sehari-hari, walaupun didalam kantor hampir semua karyawan
perusahaan memakai seragam masing-masing yang telah ditentukan, dan sebagai karyawan di kantor
tetap harus menjaga citra diri dan wibawa perusahaan sebagai image terhadap orang lain, apalagi kalau
perusahaan bergerak di bidang jasa tentu pakaian salah satu menjadi hal pokok.
Pakaian
yang baik dan pas digunakan memberikan kesan anggun dan lebih profesional dan
yang perlu kita laksanakan dalan berpakaian kantor adalah disesuaikan dengan
jadwal yang sudah ditentukan harinya dalam menggunakan seragam, kalau mungkin
warna atau model menurut selera anda tidak sesuai, sebagaikaryawan meski tetap harus menggunakannya dan tidak menolak.
Bagaimana cara etika berpakaian di kantor yang perlu diperhatikan adalah :
Bagaimana cara etika berpakaian di kantor yang perlu diperhatikan adalah :
- Gunakan pakaian dengan ukuran yang pas tapi jangan ketat.
- Biasakan berpakaian rapi dan tidak kedodoran
- Jangan merubah model pakaian.
- Hindari berpakaian dengan warna yang mencolok.
- Jangan menggunakan aksesoris yang terlalu berlebihan.
- Apabila ada seragam, gunakan seragam pada jadwal yang ditentukan.
- Kontraskan antara pakaian dengan aksesoris ataupun tas yang kita gunakan.
- Hindari hal yang bersifat menujukkan kekayaan karena hal tersebut dapat memicu kecemburuan sosial antara sesama karyawan.
- Gunakan pakaian yang bersih dan rapi.
E. Etika
Berbicara
Dalam berbicara gunakan bahasa
dengan ucapan yang jelas dan gampang dimengerti serta tetap menjaga
batasan-batasan yang mencerminkan etika serta tidak menimbulkan pembicaraan yang asal saja. Sebagai orang timur sangat
menghormati nilai kesopanan. Ada beberapa hal yang perlu
diketahui ketika berbicara dengan orang lain.
- Pada saat berbicara harus menatap lawan bicara.
- Pada saat berbicara suara harus jelas terdengar.
- Gunakan bahasa yang baik dan benar.
- Hindari menggunakan nada suara yang tinggi.
- Aturlah pembicaraan agar gampang dimengerti.
- Belajar untuk bisa mengimbangi lawan bicara.
- Berusaha untuk menyenangkan lawan bicara.
- Ciptakan selang sekali waktu rasa humor. Tetapi jangan memotong pembicaraan.
- Mampu untuk memuji lawan bicara atau pun memuji topik yang dibicarakan agar lawan bicara merasa sangat dihargai oleh anda.
- Selau berusaha untuk menjadi pendengar yang baik.
F. Menjaga
Hubungan Dengan Teman Sekerja
Dalam lingkungan kerja, faktor kerja
sama merupakan landasan utama agar pekerjaan bisa berhasil dengan baik dan
minimal bisa mencapai sesuai yang diinginkan. Anda mungkin sering tidak menyadari keberhasilan
karir anda sebenarnya akibat dorongan dan
peran dari teman kerja, oleh karena itu binalah hubungan dengan kebersamaan dan
ciptakan citra yang baik kepada sesama rekan kerja dan tunjukan diri kita adalah
bagian tak terpisahkan dari mereka. Dengan memperlakukan kawan sebaik mungkin
dengan kesan bahwa dirinya sangat berarti bagi anda akan membawa hasil yang lebih baik
dalam membina kelanjutan hubungan teman sekerja.
Jika anda secara konsisten bisa membangun
saluran komunikasi yang efektif dan efisien yang dapat menjadi wadah bagi semua
karyawan untuk mencurahkan aspirasi dan keluh kesahnya, ini akan membawa suatu
keberhasilan team kerja
semakin lebih berkembang dalam hubungan kerja dan meciptakan iklim kerja yang
nyaman dan damai. Berikut ini kiat yang sederhana agar anda dihormati oleh teman sekerja :
- Jadikanlah teman sekerja sebagai mitra kerja, tetapi jangan mengangap teman kerja sebagai pesaing.
- Tumbuhkan rasa saling membantu satu sama lain.
- Ingatkanlah teman sekerja ketika ada sedikit menyimpang.
- Jaga agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan.
- Biasakan untuk berdiskusi yang bermanfaat.
- Jangan menjelekan atau menjatuhkan teman sekerja dihadapan atasan.
G.
Etika Seorang Sekretaris dalam Lingkungan
Kantor
Menjadi seorang sekretaris bukanlah hal yang mudah untuk
dilakukan. Seorang sekretaris harus menjadi sosok yang serba bisa, misalnya
saja menjadi MC, memberikan keputusan secara tepat dan cepat ketika pimpinan
tidak berada ditempat dan lain sebagainya. Tugas yang dipercayakan kepada
soerang sekretaris tentu saja harus tetap beretika sopan dan mampu menjaga
hubunga kerja yang baik dilingkungan kantor atau ditempat-tempat lain. Hal yang
dapat dilakukan seorang sekrataris dalam lingkungan kerja adalah :
a.
Seorang sekretaris juga harus mampu
menjaga hubungan baik dengan klien yang penah bekerjasama, hal ini dimaksudkan
agar tetap dapat menjadi rekan kerja yang baik walaupun sudah tidak ada ikata
kerjasama lagi dengan klien tersebut.
b.
Bersikap tegas dan lugas saat mengambil
keputusan. Hal ini akan terjadi apabila seorang pimpinan sedang tidak berada
ditempat. Sekretaris harus mampu mengolah masalah dan harus mampu menjawab
kesulitan yang dihadapi karyawan lain ketika pimpinan tidak berada ditempat.
c.
Dalam bekerja seorang sekretaris harus
bersikap profesional sesuai Kode Etik Sekretaris.
d.
Bertindak jujur dan sopan.
e.
Dapat menyesuaikan diri dalam segala
situasi.
H.
Etika Ketika Bertemu Klien
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sekretaris
ketika bertemu klien antara lain:
a.
Apabila anda diperkenalkan dengan orang
baru maka:
a)
Tataplah mata orang yang dikenalkan dn
berikan senyuman.
b)
Ucapkan salam perkenalan yang
memberikan kesan kepada lawan bicara anda misalnya, “senang bertemu anda”.
c)
Bantulah orang yang memperkenalkan anda
untuk menyebutkan nama anda agar tidak terjadi kesalahan.
b.
Etika memperkenalkan seseorang
a)
Sebetkan nama orang yang akan anda
perkenalkan.
b)
Hindari mengenalkan seseorang dengan
nama kecil.
c)
Untuk memulai pembicaraan mulailah
dengan hal-hal yang bersifat umum misalnya pekerjaan atau alamat.
c.
Etika berjabat tangan
a)
Ulurkan tangan kanan dengan gerakan
yang sopan sambil tersenyum.
b)
Tatap matanya saat bersalaman.
c)
Ayunkan 2 sampai 3 kali secara seimbang
lalu lepaskan dengan sopan.
BAB III
PENUTUP
Dengan adanya etika maka manusia akan lebih dapat
menghargai orang lain baik itu dalam lingkungan intern maupun ekstern. Untuk
kemajuan global seperti ini etika bukanlah hal sepele lagi karena etika dapat
menjadi salah satu penilaian citra baik buruk suatu perusahaan yang anda
gunakan untuk bekerja. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan biasanya
menekankan pada karyawannya untuk menjaga sikap guna menjaga nama baik
perusahaan tersebut.
Etika sendiri biasanya terbentuk dari pola kebiasaaan
hidup manusia itu sendiri, akan tetapi lingkungan yang baik juga tidak dapat
mendukung sepenuhnyabagi seorang individu untuk berkelakuan baik, karena pada
dasarnya etika adalah kesadaran berperilaku sopan dari dalam diri sendiri.
1 komentar:
izin copas ya min
Posting Komentar