Sabtu, 11 Mei 2013

Makalah Pengertian Etika dan Penerapannya




BAB I
PENDAHULUAN
Etika dalam perkembangannya sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Etika memberi manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melalui rangkaian tindakan sehari-hari. Itu berarti etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup ini. Etika pada akhirnya membantu kita untuk mengambil keputusan tentang tindakan apa yang perlu kita lakukan dan yang pelru kita pahami bersama bahwa etika ini dapat diterapkan dalam segala aspek atau sisi kehidupan kita, dengan demikian etika ini dapatdibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan aspek atau sisi kehidupan manusianya.
Pada dasarnya pengertian etika apabila diartikan intinya sama saja yaitu hal yang berkaitan dengan perilaku baik dan benar dalam kehidupan manusia. Etika merupakan dasar yang penting didalam pergaulan serta menjadi landasan penting bagi sebuah peradaban yang akan menjadi kesan mendalam dan terpatri terus di benak seseorang. Etika bukan hanya sekedar penampilan fisik, tetapi masih banyak faktor lain yang dapat mendukung seseorang untuk menampilkan sosoknya yang memiliki etika yang tinggi.
Ada perbedaan didalam etika setiap pergaulan, seperti etika di rumah akan pasti berbeda dengan etika dengan para pedagang kaki lima, serta berbeda pula dengan etika di kantor. Untuk etika di kantor memiliki perbedaan yang lebih rumit dari pada etika di tempat-tempat informal lainnya, dimana etika ini erat kaitannya dengan hubungan antara atasan dan bawahan.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Memahami Etika dalam Kantor
Tentu saja ada pembeda antara cara bergaul ataupun beretika antara lingkungan formal dan tidak formal. Di kantor anda senantiasa berhubungan dengan banyak orang.  Sebab itu anda perlu memperhatikan etika yang berlaku di kantor tertentu.  Mungkin dalam soal pergaulan biasa, diantara teman-teman soal-soal yang menyangkut sopan santun tidak begitu ketat.  Tetapi dalam lingkungan kantor yang sempit soal etika harus sungguh-sungguh diperhatikan. Dilingkungan kantor anda dituntut untuk memperhatikan hal-hal detail yang berkaitan dengan tanggung jawab profesioalitas. Oleh karena itu anda harus pandai-pandai dalam memilih tindakan yang dianggap pantas dalam lingkungan kerja. Adapun hal-hal yang perlu dihindari dalam lingkungan kerja antara lain :
a.       Membentuk klik (kumpulan per golongan) yang secara sadar membelakangi rekan-rekan baru.
b.      Bergegas-gegas pulang pada waktu tutup kantor, sedangkan selalu datang terlambat.
c.       Sering memakai fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi.
d.      Selalu menunda-nunda pekerjaan.
e.       Melakukan hal-hal yang tidak termasuk tugas kantor, seperti mengisi teka-teki silang, menulis surat pribadi, bertamu ke bagian lain tanpa suatu urusan atau kepentingan kerja.
f.       Menerima tamu terlalu lama dalam jam kerja.
g.      Berjualan dalam jam kerja.
Akan tetapi ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menumbuhkan etika baik anda sebagi seorang karyawan dalam suatu kantor ataupun instansi misalnya saja :
a.       Bertutur sapa antara atasan dengan karyawan ataupun antara karyawan dengan karyawan lainnya. Hal ini dapat menjadi perilaku yang dapat menambah image anda sebagai karyawan yang baik dan ramah.
b.      Profesionalitas ketika menerima tamu, ketika anda menerima tamu ataupun menjadi seorang tamu adapun hal-hal yang perlu anda perhatikan antara lain jangan berbicara bertele-tele, apabila tamu tersebut adalah tamu pribadi dan hendak membahas hal yang bersifat pribadi lebih baik anda bicarakan lain waktu atau pada jam istirahat kantor. Jangan sampai tamu pribadi merusak agenda kerja yang telah diagendakan perusahaan.
c.       Berbicara meluli telepon. Hindari berbicara terlalu lama ditelepon karena hal tersebut akan mengganggu karyawan lain.
d.      Jangan membawa urusan pribadi anda ketempat kerja, hal tersebut dapat menunjukkan ketidak profesionalan anda dalam bekerja.
e.       Jadilah anggota tim yang baik dalam lingkungan kerja anda.
f.       Bersikap loyalitas dan menjaga rahasia perusahaan.
g.      Berbicaralah seperlunya ketika anda bekerja
h.      Hindari bergosip
B.     Etika Masuk Kantor
Mulailah dengan mengucapkan salam yang dilakukan yang memang kelihatan sederhana ini akan menjadi pintu pembuka dalam mengawali interaksi dan komunikasi dengan rekan sekantor, hal ini lebih mudah membuka komunikasi apabila lawan bicara kita menunjukan wajah penuh ceria. Hindari mimik wajah yang masam ketika berada dikator pada pagi hari karena hal tersebut akan mempengaruhi mood kerja anda hingga jam kantor usai.
Pada saat kegiatan rutin kerja dimulai, masing-masing karyawan sudah sibuk dengan pekerjaannya sesuai bidangnya, akan tetapi dengan keadaan situasi tersebut, berilah senyum yang tulus kepada orang yang anda jumpai, baik kepada  rekan kerja, satpam, driver dan atasan Anda. Hal ini akan menciptakan suasana yang nyaman dan manjalin keakraban antar sesama karyawan.
C.     Memahami Dasar Etika Pergaulan dalam Kantor
Setiap hari dalam pergaulan di kantor sudah tak terelakan, karena satu sama lain saling membutuhkan interaksi yang didalamnya mencakup komunikasi. Interaksi dan komunikasi akan berjalan dengan baik apabila kedua belah pihak saling menghormati dan mengerti akan hak dan kewajibannya masing-masing, karena etika itu menyangkut moralitas, susila, sosial, agama dan lain sebagainya. Bagaimana memahami etika pergaulan adalah seperti berikut ini diantaranya :
  1. Bersikap sopan santun dan ramah
  2. Penuh perhatian terhadap orang lain (empaty)
  3. Mampu menjaga perasaan orang lain
  4. Berusaha untuk saling membantu bila melihat teman kerja membutuhkan bantuan.
  5. Mampu mengendalikan emosi
D.    Etika Berpakaian
Setiap orang selalu menginginkan penampilan yang menarik dan ingin merasa menarik di lihat orang lain, karena penampilan itu merupakan daya tarik setiap orang. Penampilan yang baik tercipta dari pakaian yang dipakai sehari-hari, walaupun didalam kantor hampir semua karyawan perusahaan memakai seragam masing-masing yang telah ditentukan, dan sebagai karyawan di kantor tetap harus menjaga citra diri dan wibawa perusahaan sebagai image terhadap orang lain, apalagi kalau perusahaan bergerak di bidang jasa tentu pakaian salah satu menjadi hal pokok.
Pakaian yang baik dan pas digunakan memberikan kesan anggun dan lebih profesional dan yang perlu kita laksanakan dalan berpakaian kantor adalah disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan harinya dalam menggunakan seragam, kalau mungkin warna atau model menurut selera anda tidak sesuai, sebagaikaryawan meski tetap harus menggunakannya dan tidak menolak.
Bagaimana cara etika berpakaian di kantor yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Gunakan pakaian dengan ukuran yang pas tapi jangan ketat.
  2. Biasakan berpakaian rapi dan tidak kedodoran
  3. Jangan merubah model pakaian.
  4. Hindari berpakaian dengan warna yang mencolok.
  5. Jangan menggunakan aksesoris yang terlalu berlebihan.
  6. Apabila ada seragam, gunakan seragam pada jadwal yang ditentukan.
  7. Kontraskan antara pakaian dengan aksesoris ataupun tas yang kita gunakan.
  8. Hindari hal yang bersifat menujukkan kekayaan karena hal tersebut dapat memicu kecemburuan sosial antara sesama karyawan.
  9. Gunakan pakaian yang bersih dan rapi.
E.     Etika Berbicara
Dalam berbicara gunakan bahasa dengan ucapan yang jelas dan gampang dimengerti serta tetap menjaga batasan-batasan yang mencerminkan etika serta tidak menimbulkan pembicaraan yang asal saja. Sebagai orang timur sangat menghormati nilai kesopanan.  Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika berbicara dengan orang lain.
  1. Pada saat berbicara harus menatap lawan bicara.
  2. Pada saat berbicara suara harus jelas terdengar.
  3. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
  4. Hindari menggunakan nada suara yang tinggi.
  5. Aturlah pembicaraan agar gampang dimengerti.
  6. Belajar untuk bisa mengimbangi lawan bicara.
  7. Berusaha untuk menyenangkan lawan bicara.
  8. Ciptakan selang sekali waktu rasa humor. Tetapi jangan memotong pembicaraan.
  9. Mampu untuk memuji lawan bicara atau pun memuji topik yang dibicarakan agar lawan bicara merasa sangat dihargai oleh anda.
  10. Selau berusaha untuk menjadi pendengar yang baik.
F.      Menjaga Hubungan Dengan Teman Sekerja
Dalam lingkungan kerja, faktor kerja sama merupakan landasan utama agar pekerjaan bisa berhasil dengan baik dan minimal bisa mencapai sesuai yang diinginkan. Anda mungkin sering tidak menyadari keberhasilan karir anda sebenarnya akibat dorongan dan peran dari teman kerja, oleh karena itu binalah hubungan dengan kebersamaan dan ciptakan citra yang baik kepada sesama rekan kerja dan tunjukan diri kita adalah bagian tak terpisahkan dari mereka. Dengan memperlakukan kawan sebaik mungkin dengan kesan bahwa dirinya sangat berarti bagi anda akan membawa hasil yang lebih baik dalam membina kelanjutan hubungan teman sekerja.
Jika anda secara konsisten bisa membangun saluran komunikasi yang efektif dan efisien yang dapat menjadi wadah bagi semua karyawan untuk mencurahkan aspirasi dan keluh kesahnya, ini akan membawa suatu keberhasilan team kerja semakin lebih berkembang dalam hubungan kerja dan meciptakan iklim kerja yang nyaman dan damai. Berikut ini kiat yang sederhana agar anda dihormati oleh teman sekerja :
  1. Jadikanlah teman sekerja sebagai mitra kerja, tetapi jangan mengangap teman kerja sebagai pesaing.
  2. Tumbuhkan rasa saling membantu satu sama lain. 
  3. Ingatkanlah teman sekerja ketika ada sedikit menyimpang.
  4. Jaga agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan.
  5. Biasakan untuk berdiskusi yang bermanfaat.
  6. Jangan menjelekan atau menjatuhkan teman sekerja dihadapan atasan.
G.    Etika Seorang Sekretaris dalam Lingkungan Kantor
Menjadi seorang sekretaris bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Seorang sekretaris harus menjadi sosok yang serba bisa, misalnya saja menjadi MC, memberikan keputusan secara tepat dan cepat ketika pimpinan tidak berada ditempat dan lain sebagainya. Tugas yang dipercayakan kepada soerang sekretaris tentu saja harus tetap beretika sopan dan mampu menjaga hubunga kerja yang baik dilingkungan kantor atau ditempat-tempat lain. Hal yang dapat dilakukan seorang sekrataris dalam lingkungan kerja adalah :
a.       Seorang sekretaris juga harus mampu menjaga hubungan baik dengan klien yang penah bekerjasama, hal ini dimaksudkan agar tetap dapat menjadi rekan kerja yang baik walaupun sudah tidak ada ikata kerjasama lagi dengan klien tersebut.
b.      Bersikap tegas dan lugas saat mengambil keputusan. Hal ini akan terjadi apabila seorang pimpinan sedang tidak berada ditempat. Sekretaris harus mampu mengolah masalah dan harus mampu menjawab kesulitan yang dihadapi karyawan lain ketika pimpinan tidak berada ditempat.
c.       Dalam bekerja seorang sekretaris harus bersikap profesional sesuai Kode Etik Sekretaris.
d.      Bertindak jujur dan sopan.
e.       Dapat menyesuaikan diri dalam segala situasi.
H.    Etika Ketika Bertemu Klien
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sekretaris ketika bertemu klien antara lain:
a.       Apabila anda diperkenalkan dengan orang baru maka:
a)      Tataplah mata orang yang dikenalkan dn berikan senyuman.
b)      Ucapkan salam perkenalan yang memberikan kesan kepada lawan bicara anda misalnya, “senang bertemu anda”.
c)      Bantulah orang yang memperkenalkan anda untuk menyebutkan nama anda agar tidak terjadi kesalahan.
b.      Etika memperkenalkan seseorang
a)      Sebetkan nama orang yang akan anda perkenalkan.
b)      Hindari mengenalkan seseorang dengan nama kecil.
c)      Untuk memulai pembicaraan mulailah dengan hal-hal yang bersifat umum misalnya pekerjaan atau alamat.
c.       Etika berjabat tangan
a)      Ulurkan tangan kanan dengan gerakan yang sopan sambil tersenyum.
b)      Tatap matanya saat bersalaman.
c)      Ayunkan 2 sampai 3 kali secara seimbang lalu lepaskan dengan sopan.

BAB III
PENUTUP
Dengan adanya etika maka manusia akan lebih dapat menghargai orang lain baik itu dalam lingkungan intern maupun ekstern. Untuk kemajuan global seperti ini etika bukanlah hal sepele lagi karena etika dapat menjadi salah satu penilaian citra baik buruk suatu perusahaan yang anda gunakan untuk bekerja. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan biasanya menekankan pada karyawannya untuk menjaga sikap guna menjaga nama baik perusahaan tersebut.
Etika sendiri biasanya terbentuk dari pola kebiasaaan hidup manusia itu sendiri, akan tetapi lingkungan yang baik juga tidak dapat mendukung sepenuhnyabagi seorang individu untuk berkelakuan baik, karena pada dasarnya etika adalah kesadaran berperilaku sopan dari dalam diri sendiri.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

izin copas ya min

Posting Komentar

 
;